Rabu, 11 April 2012

Vampire


Sosok bernama vampire ini udah sering kita baca dan tonton lewat TV / film, ex : Buffy the Vampire Slayer, Interview with the Vampire, Twilight saga, Vampire diaries, etc.
Biasanya sosok vampire selalu digambarkan sama. Manusia berkulit pucat yang punya gigi taring tajam untuk gigit leher orang dan ngisap darahnya sbg makanannya.
Legenda tentang vampire ini udah ada sejak abad 16 dan 17 di eropa timur, di daerah-daerah yang kita kenal sbg Hongaria dan Rumania. Legenda ini mengilhami banyak penulis ternama untuk mengangkatnya dalam prosa dan puisi. Seperti Goethe, yang banyak nulis cerita dan puisi tentang vampire. Tapi yang benar-benar terkenal adalah cerita karya Bram Stoker yang judulnya 'Dracula'. Kisah hidup Count Dracula benar-benar bikin kaum vampire jadi terkenal. Sampai-sampai filmnya dibuat dan diperanin Keanu Reeves. Setting ceritanya terletak di Transylvania, sekarang propinsi di Rumania, dan tempat ini benar-benar dipercaya sbg kampung halamannya vampire. Sampe sekarang tempatnya masih ada, meski Bram Stoker gak pernah kesana, tapi suasananya hampir sama dengan yang ada dalam cerita.
Uniknya, ada beberapa kisah nyata tentang orang hidup seperti vampire, ex: di New York, seorang gadis bernama Lillith ngaku ke psikiater kalo dia ketemu seorang cowo di pemakaman. Waktu cowo itu berusaha nyium, Lillith malah ngegigit lehernya dan ngisap darahnya. Lillith sendiri heran, tapi dia ngaku kalo dia suka darah.
Ada juga cowo bernama Carl Jones yang masuk ke kamar adik perempuannya, trus ngisap darah adiknya. Carl Jones ngaku dia ngerasa kuat setelah ngisap darah .. wow..
Di London, cewe 16 tahun bernama Alison Hooper ngaku kalo dia itu vampire sejak kecil. Alison suka dandan kaya vampire dan dia ikut kelompok bernama Vampire Society. Katanya, Alison emang seneng liat leher orang lain. Untungnya sih, dia 'belum' sampe minum darah.
Banyak orang yakin dengan adanya vampire. Ini terbukti dengan dibentuknya berbagai perkumpulan pengikut vampire. Salah satunya adalah Dracula Society di London dan California.
Konon, vampire gak bisa mati. Jadi walaupun udah hilang berabad-abad, bisa aja si vampire kembali lagi. Seperti yang terjadi pd Arnold Paole yang meninggal saat perang di Wina, Austria. 30 hari kemudian, Arnold hidup lagi dan jadi vampire. Arnold sendiri ngaku dia diserang vampire waktu lagi tugas sbg tentara. Banyak yang gak percaya, tapi di tubuh Arnold ada tanda penyerangan vampire dan sosok Arnold sendiri emang mirip vampire. Gubernur setempat jadi takut dan merintahin supaya Arnold ditusuk hatinya. Waktu ditusuk, Arnold ngejerit seperti seorang vampire dan dibakar agar musnah.
Meski begitu, keberadaan vampire ini masih dipertanyakan. Sebenarnya ada gak sih makhluk vampire itu? Kalo dari segi ilmiah sih, yang namanya vampire itu adalah salah satu jenis kelelawar bergigi tajam dan suka makan daging + darah mangsanya. Namanya 'vampire Bat'.
Kalo vampire itu cuma kelelawar, dari mana sih datangnya manusia penghisap darah yang sering ada di cerita-cerita?

-dari berbagai sumber-

Tidak ada komentar: