Selasa, 17 April 2012

Gara-gara prasangka..


Walau manusia itu makhluk sosial, tapi gak semua bisa fleksibel bergaul. Mereka ini yang suka punya pikiran negatif kalo ngadepin lingkungan sosialnya. Termasuk suka berprasangka buruk sama orang lain.
Padahal gak semua bisa dianggap sama, mungkin ada teman yang ternyata jahat.. tapi selebihnya kan gak kaya gitu. Makanya sikap menyamaratakan gini justru jerumusin diri sendiri. Lo bakal dikucilin dan kesiksa sendiri dg pikiran negatif yang terus muncul.
Katanya kebiasaan negative thinking ini berhubungan dg lingkungan dia dibesarkan. Mungkin pas kecil dikelilingi orang yang punya kebiasaan ini, jadi dia anggap sikap ini perlu dalam menghadapi hidup. Selain pengaruh ortu/orang dekat, bisa jadi karna ego diri sendiri yg kelewat gede, ex: merasa paling oke, orang lain di bawah. Dan dia sering gak sadar kalo sifatnya itu bikin sebel banyak orang.
Dan akhirnya, selain ngerusak pergaulan juga bisa ngerusak hati, ex: perasaan jadi berat, gak tulus, capek hati. Pokoknya hidup jadi serba gak enak.. kalo berlebihan bisa mengarah ke kondisi paranoid. Parno ini adalah rasa takut yang gak beralasan, semua ada dalam pikirannya sendiri.
Bedain sama sikap waspada yah.. jelas beda, waspada itu perlu. Dibutuhin psikolog/psikiater buat nentuin orang menderita parno apa engga.
Menurut Sean Covey, penulis 'the 7 habits of highly effective teen', pikiran/prasangka buruk bisa jadi pemicu terjadinya hal buruk. Soalnya dalam pikiran buruk, kita tuh kaya motivasi diri/bikin atmosfir yang negatif pula. Akhirnya emang kaya nightmare buat kita..
Parno ini juga salah satu ciri penderita skizofrenia loh..penyakit jiwa yang paling banyak nyerang orang dan masih susah nyari cara penyembuhan totalnya. Tapi parno belum tentu skozofrenia, coz banyak hal yang bikin orang dinyatakan skizofrenia.
Tingkat paranoid penderita skizofrenia tinggi banget, biasanya mereka gak cuma takut dimusuhin, tapi juga takut ada yang bunuh. Selain itu juga ngalamin delusi/yakin sama sesuatu yang gak wajar, pokoknya kaya yang jiwanya terbelah.
Orang sering nyebutnya 'gila'/sakit jiwa, padahal sakit jiwa ada banyak, skizofrenia cuma salah satu..
Jadi, kalo kita sering ngerasa berprasangka buruk, sebaiknya diubah sedikit-sedikit. Emang gak gampang, tapi tiap usaha pasti ada hasilnya.

Tidak ada komentar: