Selasa, 10 April 2012

Segitiga Bermuda


Fulan cuma senyum denger cerita tentang David Copperfield yang dulu mampu hilang dan muncul lagi di tengah segitiga bermuda, tempat yang dikenal paling 'angker' di lautan atlantik karena dipercaya bisa nelan kapal-kapal yang melintas di situ.. itu kan cuma ilusi aja, kenyataannya sih.. gak tau juga, hehe..
Segitiga bermuda emang nyimpan misteri yang belum terpecahkan sampe sekarang. Wilayah perairan berbentuk segitiga dengan sudut-sudutnya kota pantai Bermuda, Miami, dan Puerto Rico. Karna banyak kapal laut dan pesawat yang dikabarin 'hilang' ketika ada tepat di atas perairan ini, jadi daerah ini juga disebut 'devil triangle'.
Salah satu kejadian yang ngedukung reputasinya sebagai segitiga penuh Misteri adalah hilangnya Flight 19 dan 5 pesawat skuadron latihan milik AL Amerika Serikat. Skuadron itu ninggalin Florida dg 14 kru dan menghilang setelah ninggalin pesan menyedihkan. Anehnya, pesawat terbang yang ditugasin nyari juga ikut hilang! Selain itu juga hilangnya pesawat DC-3 yang bawa 27 orang penumpang di tahun 1948 dan pesawat C-124 Globemaster dg 53 penumpang di tahun 1951. Itu belum termasuk kapal tanker Marine Sulphur Queen yang hilang di tahun 1963 dan kapal bertenaga nuklir bernama Scorpion dengan 99 kru pada tahun 1968. Dan itu juga belum semua.
Buku, artikel, TV udah banyak bahas soal segitiga bermuda coz banyak orang percaya ke'angker'annya,tapi banyak juga yang gak percaya dan anggap cuma kebetulan aja.
Menurut Ted Darcy, ahli arkeolog yang emang gak percaya 'misteri segitiga bermuda'.. lokasi segitiga bermuda itu adalah salah satu wilayah perairan yang paling sulit dinavigasi di dunia. 'bukan mustahil kamu bisa kena arus-arus yang membingungkan, yang namanya Aliran Teluk', kata Darcy
Ada beberapa teori fantastis, sampe rada susah dipercaya orang awam yang muncul mengiringi kejadian 'hilangnya' kapal-kapal itu.
Teori 1 : Ada satu wilayah tertentu di Segitiga Bermuda yang punya medan magnet bumi sangat kuat hingga alat komunikasi, kompas, DLL gak berfungsi. Begitu kuatnya, sampe magnet itu bisa narik pesawat terbang dan kapal laut yang terbuat dari logam.
Teori 2 : Ada satu wilayah yang jadi lokasi pelengkungan dari dimensi ruang ke dimensi waktu. Jadi yang hilang itu sebenarnya gak hilang, tapi dilempar ke ruang waktu yang lain, bisa ke masa lalu, bisa juga ke masa depan.Really? :D
Teori 3 : Lebih seru lagi, katanya di bawah perairan segitiga bermuda ada markas 'benda-benda terbang gak dikenal' yang nyulik kapal dan pesawat yang lewat wilayah itu.
Teori 4 : Rada mirip teori 3, cuma yang nyulik manusia dari benua atlantis. Benua atlantis adalah benua yang tenggelam di jaman pra sejarah, yang konon waktu itu udah dihuni manusia berperadaban sangat tinggi. Mungkin juga penduduknya sempat selamat dan bikin kota di bawah air sebelum benuanya tenggelam..
Mana teori yang bisa diterima? susah mutusinnya ya, masing-masing punya alasan sendiri sih. Yang jelas, apapun teorinya peristiwa yang terjadi di Segitiga Bermuda tetap jadi misteri sampe sekarang..

-dari berbagai sumber-

Tidak ada komentar: