Selasa, 10 April 2012

Kritikan


Ketika gue mendapat kritik.. Ada 2 Hal yang gue pikirin, pertama.. menerima bulat-bulat semua kritikan dengan segala konsekuensinya dengan resiko hati yang gak enak sekalipun. kedua, gue mikir dulu ni kritik membangun apa cuma mo jatuhin gue doang? Dan seringnya kalo pake emosi,kita langsung pake opsi pertama.. padahal kan ada juga yang sebenarnya bukan 'friends' tapi ternyata 'foe'. Cuma kita gak tau aja..
Kritik yang cuma kritik aja yang tanpa saran, sambil pake cara yang gak ngenakin.. biasanya sambil marah-marah.. itu yang sulit diterima, apalagi gak jelas arahnya.. kayak contohnya muka kita, loh muka udah gini dari sananya mo digimanain lagi? hal-hal fisik kan mo digimanain, gak mungkin kita plastic surgery kan?jadi gak usah di denger mendingan diem aja... ketawa kalo bisa.
Kritik tentang prilaku kita, yaa... kalo gue pribadi, biasanya gue ngeliat siapa orangnya, maksudnya, motifnya, kalo baik dan gue mampu ngubah jadi lebih baik, kenapa engga? contohnya gue sering kok, yang awalnya dibilang jutek, cuek.. gue berusaha senyum, care tapi yang semaksimal gue.. coz kalo kepaksa juga kan malah jadi aneh. Kalo gue berusaha berubah tapi gak mau kalo sampe gak jadi diri gue sendiri.. lebih nyaman jujur. Kalo lagi mo manyun juga kan hak gue juga yaa... manusiawi juga, kecuali kalo keterusan.. haha.
Ada lagi kritik apa yang kita buat... hmm, kalo ini.. biasanya sih rada sebel yah, susah-susah kita usaha.. eh, dikritik.. kesannya apa yang kita kerjain gak dihargai. Tapi kita harus terima yaa... coz balik lagi ada yang pro, pasti ada kontra juga. Kalo ternyata kontra semua, yaa.. introspeksilah, mungkin emang yang kamu kerjain gak bener.
Kaya contohnya kejadian barusan, blog gue dikritik loh... pake emosi pula, dia bilang blog gue nyeritain aib orang. Yang mana yaa? gue gak mau bikin pembelaan sih... tapi temen lain yang gue tanya bilang, isinya biasa aja kok gak nyinggung .. coz gue cerita dalam posisi sharing, dengan harapan bisa diambil hikmahnya. emang sih, tergantung siapa yang baca.. coz tiap kepala orang isinya beda-beda. Gak bisa digeneralisasi, ada juga yang liatnya dari sudut.. wah, jelekin orang nih. Ada juga yang baca sampe abis, trus mikir, hidup orang emang kadang di atas dan kadang di bawah.. gue gak boleh sombong!
Masing-masing orang beda yah, kalo gue nyinggung... gue minta maaf. Gue sama sekali gak ada niatan nyinggung siapa-siapa, kalopun gue nulis tentang orang lain yang sensitif, biasanya gue kasih tau orangnya dulu kalo gue mo crita.. dan gue kalo cerita sensitif kan gak pernah nyebut identitas, apalagi fotonya... kalo niat cuma nyebarin aib mah gue sebarin aja semuanya. Kaya contoh, si A tuh gila.. karna gak lulus kuliahnya, kasian ya. Nah, si A disini kan kita gak tau siapa. Dan banyak orang 'gila' di muka bumi ini ..apa ini yang namanya nyebar aib?
Atau yang ini : Andre (cuma contoh, yg namanya Andre jgn tersinggung :D) tuh gila, liat aja nih... dipajang foto andre yang compang camping lagi nyari makan di tempat sampah. Plus ditambah info, tuh dia gila gara-gara gak lulus kuliah 10 tahun!
Yang mana yang namanya nyebar aib?Yang kedua kaan? kapankah gue nulis kaya gitu?
Blog itu, tempat pribadi kita.. katanya sih sama dengan rumah kita di dunia Maya. Jadi emang terserah kita mo ngisinya dengan tulisan apa.
Kadangkala kita gak bisa nahan diri dan pengen bilang.. 'hei.. urus hidup lo sendiri, apa lo udah ngerasa sempurna?'.. hehe, gitu yang pake emosi, padahal mah santai aja yah.. orang mo kritik itu hak dia, dan kita mo terima apa engga juga hak kita.
Dan kalo mo ngasih kritikan, usahain kata-kata yang keluar bisa diterima gitu yah... pake bahasa sopan.. yang nerima juga usahain bisa mikir positif ya.. jangan cepet kesinggung. Kritik itu perlu, asal disertai saran ..

-itn-

Tidak ada komentar: