Kamis, 08 Maret 2012

Cerita temanku, sad ending..

Ada pelajaran berharga yang bisa dipetik dari cerita temanku ini.
Kita berteman akrab, pas sekolah satu meja denganku.. Orangnya manis, meski agak gemuk. Dia cerdas, selalu jadi juara kelas..
Waktu kenaikan kelas dan bertemu lagi, kita kembali satu meja. Tapi karena dia kesayangan guru.. dia berubah jadi pecicilan, di kelas jalan-jalan. Dia mulai jadi agak nakal, kadang ikut nongkrong merokok dengan para cowok di luar sekolah. Trus bergaul sama orang-orang yang dianggap gaul..
Aku merasa dia datang padaku cuma karena pas ada masalah aja.
Karena dia yang menurutku mulai berubah dan ada indikasi gak bener, akhirnya aku lebih dekat sama temanku yang lain dan jadi sering pindah duduk meninggalkannya. Semakin lama aku jadi ingin pindah meja.. kalo dia lagi pecicilan, aku langsung pindah duduk.
Lalu dia protes, teman yang dekat denganku jadi gak enak sama dia. Akhirnya dengan berat hati aku balik lagi, satu meja dengannya..
Dia punya band, kalo ada acara dia suka manggung.. sebenarnya dan sejujurnya, aku gak begitu suka liat dia tampil. Palsu menurutku..hehe. Tapi gak mungkin lah ya, aku gak datang untuk lihat performnya dia. Dia suka manja minta ini-itu.. persiapannya buat manggung juga ribet. Aku suka ikut pusing juga..
Suatu saat ketika dia ulang tahun Ayahnya datang memberi supraise. Ayahnya datang bersama seorang cewe yang dia sebut tante. Orang lain biasanya senang dapet supraise, tapi dia kelihatan gak suka.
Aku perhatikan, perlakuannya ke tante itu agak jahat.. ke Ayahnya pun gak begitu baik. Ayahnya mengajakku dan beberapa teman dekat untuk makan di luar, di situ terlihat jelas kalo keluarganya bermasalah.
Terakhir seorang guru nanya-nanya ke aku, apa benar orangtua temanku itu bercerai? lah.. aku gak tau.
Di kelas aku iseng beraniin nanya ke dia, kurang lebih gini : " mm... Gue mo nanya, bole gak?"
" nanya apa?" tanya dia
"katanya ortu lo cerai, bener ga?kok ga pernah cerita siih..."
mo tau apa reaksinya?
dia langsung teriak, " intan jahaaat.." sambil lari ke depan kelas trus nangis-nangis.
Aku langsung shock liat reaksinya, apalagi teman-teman sekelas pada ngeliatin dengan pandangan menyalahkan.
Waduuh, aku langsung ikut jalan ke depan kelas buat minta maaf dan ngehibur dia.
Waktu itu aku pikir yang namanya teman, kalo ada masalah ya cerita.. tapi ternyata aku salah sih.. aku kurang peka waktu itu.
Setelah itu, aku hati-hati kalo ngomong ma dia. Aku juga mulai ngejauh.
Dia sempat tanya-tanya dan curhat sama temanku di eskul. Teman eskulku juga ngingetin aku supaya gak jauhin dia.
Aku sempet esmosi, gak suka mereka ikut campur.. apalagi gak tau masalahnya.
Setelah terjadi drama yang rada menggelikan * kalo dipikir sekarang;p .. aku jelasin ke mereka, gimana gak nyamannya aku.
Pas kenaikan kelas lagi, aku pisah ma dia. Tapi hubungan kita masih baik, suka main bareng..
Pas perpisahan, beberapa hari sebelumnya ada kejadian yang bisa dibilang tragedi. Teman satu angkatanku mukul adik kelas hingga meninggal. Kita semua berduka..
Pelaku pemukulan itu di penjara 2 tahun, tapi kenyataannya dia cuma setengah tahun dihukum.
Aku dengar, dia pacaran dengan pelaku pemukulan itu sejak cowo itu di penjara. Tapi, aku diam aja.. gak mo ikut campur, aku udah cukup tau dia orangnya gimana.
Tapi ternyata sebenarnya aku belum cukup mengenal dia. Aku kembali shock waktu dengar dia hamil di luar nikah.. trus dia berhenti kuliah. Kami memang kuliah di tempat berbeda, tapi kadang masih teteup keep in touch..
Dan sekarang dia kerja di sebuah hotel yang citranya gak begitu baik.. hotel itu masih punya masalah perijinan, pernah digerebek polisi karena mempekerjakan anak di bawah umur sebagai wanita penghibur, melarang karyawannya solat jumat, dan sudah lama diprotes warga sekitar.. intinya serem banget. Aku kembali miris dengan kenyataan ini.. kok bisa siiih, selalu itu yang ada di pikiranku kalo inget dia. Padahal dulu kan dia pinter banget... kok bisa jadi beginii..
Tapi emang yah... Otak kita harus seimbang sama hati, istilah kasarnya kecerdasan IQ, kecerdasan EQ, kecerdasan spiritual semua penting..* sotoy hehe
Mudah-mudahan kita semua selalu dilindungi ya, dijauhkan dari segala hal yang buruk dan menjerumuskan..

Tidak ada komentar: